Bosan di rumah? Inilah Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan

bosan di rumah

REBAHANDULU.COMPandemi Corona Covid-19 telah mengubah rutinitas kegiatan semua orang. Tak hanya di luar, tetapi juga di rumah.

Anak-anak tidak lagi belajar di sekolah seperti biasanya, karyawan banyak yang di rumahkan, adapula yang bekerja di rumah atau lebih dikenal dengan work from home oleh sebagian orang. Semua itu dilakukan demi memutus penyebaran Corona Covid-19.

Semua rutinitas yang berubah tentu juga mengubah jadwal Kamu sehari-hari. Jika biasanya bertemu dengan banyak orang ataupun pergi ke sejumlah tempat dengan leluasa, nampaknya hal itu tidak bisa dilakukan untuk waktu sekarang-sekarang ini.

Terlebih, pada masa isolasi di rumah mungkin saja akan berlangsung selama lebih lama lagi. Untuk menghilangkan rasa jenuh ketika Kamu sedang melakukan isolasi di rumah. Berikut beberapa hal yang bisa Kamu lakukan.

  1. Olahraga di rumah

pixabay.com

Tidak hanya melulu dilakukan di tempat nge-gym atau ruang terbuka dengan peralatan lengkap. Kamu bisa berolahraga di dalam rumah tanpa perlu membutuhkan ruangan yang besar maupun peralatan khusus.

Yoga, bisa menjadi opsi dan macam-macam gerakan seperti push up, sit up, squat, hingga plank bisa Kamu praktekan di rumah tanpa bantuan alat-alat. Sangat mudah dan tentu saja setiap orang juga bisa melakukannya tinggal konsistensi saja supaya tubuh tetap sehat dan imunitas kuat. Ini juga sebagai salah satu usaha untuk pertahanan diri dari Corona Covid-19.

 

  1. Main game

pixabay.com

Menghilangkan rasa bosan di rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan bermain game. Bermain game nyatanya dapat menghilangkan rasa bosan karena game pada dasarnya berfungsi sebagai hiburan. Agar bermain game lebih asyik, Kamu bisa bermain dengan teman secara online. Banyak game-game yang bisa kamu mainkan, seperti game PC ataupun game mobile.

 

  1. Memasak

memasak di rumah
pixabay.com

Memasak bisa menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus bermanfaat yang bisa dilakukan saat menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Proses dalam memasak seperti menyiapkan bumbu, memotong bahan-bahan masakan dipercaya dapat memberikan efek relaksasi.

Kamu bisa mencoba resep-resep baru lewat buku resep atau mencoba meniru masakan dari beberapa chef kenamaan di channel youtube mereka.

 

  1. Nonton film

menonton film di rumah
pixabay.com

Tidak usah pergi jauh-jauh ke bioskop karena pada saat ini semua bioskop sudah menghentikan sementara pemutaran film-filmnya, Kamu bisa menghabiskan waktu selama PSBB di rumah dengan menonton film atau serial favorit melalui aplikasi layanan streaming. Banyak film-film yang tersedia dan jika Kamu bosa dengan film-film mainstream, Kamu juga bisa mencoba untuk menonton film-film dokumenter yang tentu saja dapat menambah wawasan pengetahuan. Bahkan film dari Korea Selatan juga banyak yang bagus seperti film-film berikut ini.

 

  1. Buat video tiktok

tiktok di rumah
arenalte.com

Selain menghibur diri sendiri, membuat video tiktok juga bisa menghibur orang lain. Buat video se-kreatif mungkin supaya hasil yang didapatkan memuaskan. Selain hanya untuk mengisi kegiatan di rumah tetapi membuat video tiktok juga bisa melatih daya imajinasi dan kreativitas seseorang.

 

  1. Membaca buku

membaca buku di rumah
pixabay.com

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan wakti. Diam tapi menambah wawasan. Tidak usah bacaan yang topiknya berat. Cukup yang bisa membuat Kamu anteng dan menikmati waktu membaca.

Kamu bisa mulai dengan membaca novel romantis, buku motivasi, buku untuk menjadi orang sukses (sangat diminati oleh kaum muda), buku tentapng perjalanan, atau komik sambil diiringi alunan musik instrumental yang memberikan efek relaksasi. Segelas kopi atau teh hangat bisa jadi teman setia selama membaca. Kamu juga bisa membaca Cerpen yang menarik tentunya seperti cerpen-cerpen berikut ini.

 

  1. Dekorasi rumah

dekorasi rumah
pixabay.com

Sudah saatnya Kamu memulai beres-beres rumah selama masa karantina ini. Kamu juga bisa mendekorasi ulang kamar tidur, ruang tamu, dapur atau ruang keluarga. Keluarkan semua ide-ide kreatif Kamu untuk mendekorasi ulang rumah supaya Kamu lebih betah berada di rumah. Untuk referensi dekorasi Kamu juga bisa melihatnya di beberapa website dekorasi rumah di google.

 

  1. Bermusik

bermusik di rumah
pixabay.com

Jika di rumah memliki alat musik seperti piano dan gitar, kita bisa memainkan alat-alat tersebut untuk mengatasi rasa bosan. Bermain musik bisa menjadi tips mengatasi saat bosan di rumah. Kegiatan ini bisa merangsang daya kreatif dan imajinasi melalui seni. Mungkin di dalam diri kamu ada bakat seni yang terpendam. Siapa tau kan.

 

  1. Membuat konten

membuat konten di rumah
pixabay.com

Jangan terlalu stres karena pemberitaan corona yang sangat hebo. Karena stres juga bisa menurunkam imunitas kita. Lebih baik coba Kamu membuat konten vlog yang lucu-lucu untuk mengalihkan pikiran. Atau jika Kamu merasa tidak dapat berbuat banyak, buat saja konten edukatif terkait pencegahan penularan virus corona. Selain bermanfaat dan mulia, lumayan juga buat Kamu jadi lebih produktif. Banyak juga aplikasi yang menunjang untuk pembuatan kontek kamu seperti beberapa aplikasi ini.

 

  1. Berkebun

berkebun di rumah
pixabay.com

Berkebun bisa menjadi kegiatan yang seru selama PSBB di rumah. Mungkin hingga saat ini Kamu tidak sempat mengurus halaman rumah karena padatnya aktivitas.

Nah, sekarang di saat PSBB ini Kamu bisa memanfaatkannya dengan menanam berbagai jenis tumbuhan, mulai dari tanaman hias, bunga, sayuran hingga buah-buahan. Dewasa ini banyak sekali penelitian yang menyebutkan bahwa berkebun menjadi obat penghilang stres dan baik untuk kesehatan mental. Siapa tahu saat PSBB ini berakhir Kamu bisa menjadi orang sukses dengan berkebun.

Be the first to comment

Tinggalkan Jejak