Makanan Sehat untuk Paru-Paru agar Kuat

makanan sehat untuk paru-paru

REBAHANDULU.COM – Seiring dengan meningkatnya jumlah korban yang terinfeksi oleh virus corona atau sekarang lebih dikenal dengan Covid-19 menyerang sistem pernapasan pada korbannya. Oleh karena itu menjaga kesehatan paru-paru menjadi hal yang harus diperhatikan. Terdapat sejumlah makanan yang dapat kamu konsumsi untuk menjaga fungsi organ yang vital ini supaya tetap terjaga kesehatannya.

Inilah beberapa makanan sehat untuk paru-paru yang direkomendasikan serta kalian pasti mudah mendapatkannya.

  1. Bawang putih

Bawang putih memeiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi. Beberapa riset juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih dapat mengurangi resiko mengidap kanker paru-paru karena kandungan flavanoid yang terkandung di dalamnya mampu merangsang produksi enzim yang meningkatkan efisiensi tubuh dan paru-paru untuk menyingkirkan racun dan karsinogen.

  1. Air

Untuk kesehatan paru-paru yang optimal tentu harus minum air putih secara cukup seperti yang dianjurkan oleh dokter menjadi cara paling ampuh. Air membantu memulihkan kondisi paru-paru yang sudah terpapar oleh kotoran yang masuk ke dalamnya. Degan meminum air yang cukup itu bisa mengembalikan dan menjaga kondisi paru-paru tetap sehat.

 

  1. Apel

Apel merupakan buah-buahan yang di dalamnya ada senyawa fenolik dan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan di lorong-lorong udara yang ada di dalam paru-paru. Tentu saja ini sangat membantu dari kerja paru-paru. Untuk anak-anak bisa dibuatkan jus apel supaya mereka semakin menyukai

 

  1. Brokoli

Di dalam brokoli terdapat senyawa yang disebut denga sulfarophane, dapat meningkatkan aktivitas gen yang ditemukan dalam sel paru-paru dan tentu saja ini melindungi organ dari kerusakan yang terjadi akibat dari stres oksidatif. Oh iya, brokoli juga sangat bagus untuk aliran urdara di paru-paru bagi para penderita asma.

 

  1. Jahe

Jahe, dengan sifatnya yang anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan di tubuh. Inilah yang bisa membantu dalam detoksifikasi paru-paru dan mempromosikan penghapusan polutan dari paru-paru. Tentu saja jahe sangat mampu meningkatkan kesehatan paru-paru. Belakangan harga jahe mulai mengalami peningkatan karena orang-orang mulai mengetahui khasiat dari jahe ini.

 

  1. Kacang-kacangan

Banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kita dapatkan seperti kacang almond, kacang mete, kacang walnut, pistachio, kacang Brazil hingga hezelnut bisa kita dapatkan, baik di pasar tradisional ataupun di supermarket langganan. Di dalam kacang-kacangan ini terdapat magnesium. Magnesium adalah mineral yang penting bagi paru-paru karena bisa membuat kapasitas serapan oksigen semakin meningkat.

 

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun terdapat beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi paru-paru, seperti vitamin E, vitamin K dan lemak jenuh. Kandungan tersebut dapat membantu melindungi paru-paru dari tekanan oksidatif sekaligus mencegah kerusakan jaringan paru-paru.

 

Itulah beberapa makanan sehat untuk paru-paru yang baik untuk menjaga kesehatan paru-paru. Alangkah baiknya bila kita mengkonsumsi asupan makanan tersebut, karena virus corona yang sekarang lagi menyerang dunia menginfeksi paru-paru korbannya.

Be the first to comment

Tinggalkan Jejak