NEW NORMAL. Beberapa Hal yang Akan Terjadi Setelah Pandemi

new normal setelah pandemi

REBAHANDULU.COMPandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia belum mereda. Walaupun kasus baru telah mengalami penurunan di tempat asalnya, Wuhan, China, akan tetapi virus justru sedang tumbuh subur di negara lainnya. Hampir seluruh negara memiliki kasus covid-19. Ilmuan kini berlomba-lomba untuk membuat vaksin penangkal covid-19.

Banyak orang kini mulai bertanya-tanya, “kapan semua ini akan berakhir?”

Pusat Pemodelan Matematika dan Simulasi (P2MS) Institut Teknologi Bandung (ITB) memprediksi akhir dari pandemi virus corona atau covid-19 akan berakhir di Indonesia pada akhir Mei hingga awal Juni 2020. Dengan catatan masyarakat mematuhi peraturan pemerintah tentang menjaga jarak dan tetap memakai masker bila keluar rumah.

Adanya prediksi tersebut membuat orang-orang kembali bertanya tentang bagaimana kehidupan setelah pandemi tersebut berakhir?

Berikut new normal setelah pandemi covid-19 berakhir.

  1. Semakin tergantung pada teknologi

    Video conference akan menjadi hal yang umum. Rapat, pertemuan bisnis, atau hanya sekedar silaturahmi bisa dilakukan dengan teknologi ini. Banyak platform digital yang bisa kamu gunakan untuk bisa melakukan Video conference, mulai dari Zoom sampai ke WhatsApp.

 

  1. Belanja online

    Pembelian barang secara online akan meningkat. Untuk itu diharapkan para pemilik bisnis harus sudah mulai menguatkan toko online mereka karena masyarakat sudah mulai berubah haluan yang tadinya belanja langsung ke tempat sekarang mereka beralih ke belanja online. Hanya diam di rumah dan barang yang di pesan akan datang. Itulah pola pikir masyarakat bila pandemi ini berakhir.

 

  1. Kegiatan belajar secara online

    Covid-19 menyebabkan orang-orang beradaptasi dengan bekerja dari rumah, sendirian. Hal ini yang melatar belakangi kegiatan belajar secara online tanpa perlu meninggalkan rumah. Sebuah cara belajar yang lebih efisien dengan menggunakan teknologi.

 

  1. Telemedicine

    Konsultasi dengan dokter secara berbalas pesan lewat email atau melakukan konsultasi kesehatan melalui video bisa dilakukan. Bila dirasa memerlukan tindakan medis barulah pasien berangkat ke rumah sakit. Banyak platform yang menyediakan jasa konsultasi dengan dokter secara virtual, tentu ini sangat membantu untuk melakukan kondultasi.

 

  1. Banyak acara digital

    Selama pandemi banyak musisi dunia hingga nasional yang menghibur penggemarnya secara digital. Konser yang dilakukan di rumah. Potensi acara digital seperti ini bisa menjadi pilihan penyelenggara acara sebagai pengganti dari acara-acara mainstream yang biasa dilakukan di lapangan luas.

 

  1. Berinteraksi tanpa kontak

    Merebaknya covid-19 membuat orang mulai menghindari untuk bersalaman dengan orang lain. Meskipun, mereka sebenarnya saling kenal. Banyak salam yang tercipta dari pembatasan sosial yang dilakukan saat pandemi covid-19, seperti lambaikan tangan, menganggukan kepala, salam siku, salam namaste, dan lain-lainnya.

 

  1. Kewajiban memakai masker

    Memakai masker sudah menjadi hal yang wajib. Seperti layaknya pakaian yang menempel pada badan. Begitu pula masker yang harus selalu dipakai bila akan keluar rumah atau beraktivitas di luar. Agak membuat pengap memang, tetapi inilah salah satu cara untuk memutus mata rantai persebaran virus. So, bersiaplah untuk menjalani New normal setelah pandemi covid-19, untuk menerapkan kebiasaan baru.

 

  1. Pola hidup sehat

    Orang yang memiliki pola hidup sehat tentu memiliki sistem imun yang kuat di dalam dirinya. Terbukti ketika terjadi pandemi covid-19 orang yang memiliki pola hidup sehat memiliki imun yang bagus bisa menjadi salah satu cara menangkal penularan virus ini. Tidak hanya virus corona, sistem imun tubuh yang kuat juga dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit lainnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat imun dan menjaga kesehatan paru-paru seperti mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga dengan rutin, mengelola stres dengan baik, beristirahat yang cukup dan mengonsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh.